-->
Otoritas Regulator India Terbuka untuk Peraturan Cryptocurrency

Otoritas Regulator India Terbuka untuk Peraturan Cryptocurrency


India telah memiliki hubungan yang bergejolak dengan cryptocurrency sepanjang tahun 2018, tetapi karena berbagai otoritas fiskal dan peraturan negara itu mulai menyelaraskan pandangan mereka tentang masa depan cryptocurrency, mereka lebih lanjut meneliti bentuk-bentuk terbaik dari peraturan cryptocurrency.


DI ambil dari sebuah laporan Quartz India , pengatur pasar utama India, Securities and Exchange Board of India (SEBI), telah mengirim tim ke berbagai negara untuk melakukan penelitian dan lebih memahami langkah-langkah pengaturan yang diambil oleh negara-negara tersebut.

Negara-negara yang telah di kunjungi tim dari SEBI yang memasukkan Jepang, Inggris, dan Swiss, yang semuanya telah mengadopsi pendekatan "tidak merugikan" terhadap pasar mata uang kripto. Sementara di negara-negara ini, tim mengunjungi berbagai lembaga pengatur untuk membahas bagaimana negara-negara tersebut menangani peraturan cryptocurrency, termasuk initial coin offerings (ICOs), dan peraturan pertukaran.

Laporan tidak menjelaskan kapan kunjungan berlangsung, atau jika kunjungan menghasilkan peningkatan kepositifan terhadap peraturan crypto.

Pemerintah pusat India juga meneliti peraturan cryptocurrency dan mengamanatkan pembentukan komite yang tujuan utamanya adalah untuk meneliti dan sampai pada kesimpulan bagaimana cryptocurrency harus diatur. Komite ini, dipimpin oleh Ajay Tyagi, yang juga ketua SEBI, termasuk anggota penting lainnya seperti wakil gubernur Reserve Bank of India (RBI), BP Kanungo.



Sejarah Komplikasi India dengan Peraturan Cryptocurrency
Hubungan rumit India dengan cryptocurrency pertama dimulai pada bulan April, ketika pemerintah mengambil tindakan melarang perdagangan cryptocurrency, membatasi warganya dari perdagangan mata uang virtual dan segera mengeringkan likuiditas mereka.

Pada saat pelarangan, RBI membuat pernyataan,  mengatakan sebagian :

“Telah diputuskan bahwa, dengan segera, entitas yang diatur oleh RBI tidak akan berurusan dengan atau memberikan layanan kepada individu atau badan usaha yang berurusan dengan atau menyelesaikan cryptocurrency. Perusahaan yang diatur yang sudah menyediakan layanan tersebut akan keluar dari hubungan dalam waktu tertentu. ”

Larangan crypto RBI dilanjutkan dengan sejumlah besar kemarahan dari investor dan perusahaan cryptocurrency, yang mendorong beberapa pejabat pemerintah untuk berusaha mengklarifikasi larangan tersebut, dengan mengatakan :

“Saya tidak berpikir ada orang yang benar-benar berpikir untuk melarang (cryptocurrency) sama sekali. Masalahnya di sini adalah tentang mengatur perdagangan dan kita perlu tahu dari mana uang itu berasal. Membiarkannya sebagai (a) komoditas memungkinkan kita mengatur perdagangan dengan lebih baik dan hal itu dilihat. ”

Setelah banyak pernyataan dan tindakan yang bertentangan lainnya oleh anggota berbagai kelompok pemerintah India, sekarang tampak bahwa negara mulai mengambil tindakan serius untuk menyelesaikan peraturan cryptocurrency.

Seperti pertama kali dilaporkan pada bulan Agustus , panel kementerian keuangan yang ditujukan untuk masalah peraturan crypto terutama menunda laporan mereka tentang cara terbaik mengatur industri untuk jumlah waktu yang tak terduga, tetapi anggota yang tidak disebutkan namanya dari panel ini membuat pernyataan positif, mengatakan:

“Blockchain adalah hal yang menarik. Kami pasti ingin memerahnya secara efektif untuk transaksi keuangan. Jadi, semua pejabat benar-benar berusaha keras untuk memahami cara menggunakan blockchain secara terpisah, tanpa cryptocurrency ... Dan memahami perangkat lunak baru membutuhkan waktu. ”

Laporan terbaru tampaknya mengkonfirmasi sentimen ini, membuktikan bahwa pihak berwenang di negara itu sedang serius melihat cara terbaik mengatur industri, menggunakan langkah-langkah peraturan negara lain sebagai inspirasi.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar